Kamis, 11 Juli 2019

Everybody Is Struggling, Beibeh!

Share it Please
"Never underestimate the pain of a person because in all honesty, everyone is struggling. It's just some people hide it better than others"


Kalian pasti udah familiar banget sama kata-kata, "jangan liat ke atas mulu. coba sering-sering liat ke bawah biar lebih bersyukur. banyak orang yang masih lebih susah dari lo". Kata-kata ini biasanya dipake buat nasehatin orang yang ngeluh sama hidup dan keadaannya. Gue dulu sering diginiin dan sering giniin orang. Yap, old days. Gue akhirnya baca tulisan yang kira-kira gini bunyinya, "kenapa bersyukur harus nunggu liat orang lebih susah dari kita. bersyukur itu harusnya didasari dengan apa yang kita punya. gak perlu ngeliat orang lain yang punya lebih banyak atau lebih kurang dari kita". Tapi namanya manusia kan ya, susah buat ngilangin 'doktrin' ini dari dalam pikiran.

Gue ngerasa hidup berat akhir-akhir ini. Untung aja less drama. Seenggaknya menurut gue. Otak gue yang jarang dipake untuk hal-hal berfaedah ini, kadang penuh sama pertanyaan mulai dari yang bener sampe yang aneh-aneh. Gue coba menyelami apa sih tujuan dari semua ini dan coba nebak segala kemungkinan ke depan yang akurasinya juga paling di bawah 25 persen. 

Sembari gue mencoba menganalisa dan mengkalkulasi segala sesuatu, ada beberapa kejadian sedih yang terjadi di sekitar gue menimpa teman-teman terdekat gue. Dalam waktu sebulan ini, ada beberapa temen gue yang kehilangan orang tua. Gak cuma itu ada dua orang temen deket yang harus kehilangan bayi mereka. Kabar-kabar itu bikin gue kaget, sedih dan kemudian merenung panjang.

Gue makin sadar kalo orang tua kita bisa pergi kapan aja tanpa kita tau tanpa kita siap. Trus di masa-masa tua mereka, apa sih yang udah kita lakuin buat mereka. Apa kita udah bikin mereka bangga punya anak kayak kita. Hal yang paling gue takutin sekarang adalah belum jadi anak yang cukup berguna bagi orang tua. Gue juga pernah bilang, gue gak pernah bisa bayangin perasaan hancurnya orang tua yang kehilangan anaknya. Apa rasanya. Salah satu temen gue yang berduka menggambarkannya dengan, "rasanya kayak pengen mati juga". Oh God. Gue bahkan gak tau itu rasa sedih yang bisa tertahankan atau enggak.

Gue makin yakin kalo jalan hidup orang itu beda-beda. Bahagia dan deritanya juga jenisnya beda dan didapatkan di waktu serta keadaan yang beda-beda pula. Makanya membandingkan diri dengan orang lain itu udah jelas gak relevan karena kita pun start dari titik yang berbeda. Kemarin-kemarin gue sedih dan down karena alasan ini dan itu. Alasan-alasan buat bersedih itu pun jadi gak ada seujung kuku alasan orang lain yang notabene deket sama gue bersedih. Kalo mereka aja bisa survive kenapa gue enggak. Kalo mereka bisa kuat masa gue enggak. Kalo mereka ikhlas dan percaya bakal ada pelangi setelah hujan, kenapa gue enggak bisa.

Mungkin ini keliatan kontradiktif dengan konsep 'melihat orang lain', 'membandingkan diri dengan orang lain', dsb. Tapi beginilah kenyataannya. 'Doktrin' mengenai cara bersyukur emang gak bisa lepas gitu aja. Karena begitu lo jatoh, lo bakal langsung ngeliat ke sekeliling. Ngeliat gimana orang lain ngejelanin hidup dan bertahan dari segala badai yang datang dalam hidup mereka. Hal itu bisa bikin gue berpikir tenang dan akhirnya tau bahwa di dunia ini bukan cuma gue yang struggling. Semua orang lagi struggling dengan kondisi mereka masing-masing.

Tuhan emang Maha Kuasa ya. Pekerjaan-Nya sulit buat diselami dan dipahami. Cara-Nya buat menegur pun macam-macam dari yang lucu sampai menyakitkan sampe kita gak berdaya. Kita bener-bener cuma debu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About