Langsung ke konten utama

Postingan

Justice League; Enam Sehat Tujuh Sempurna

"So why do we fall, Bruce? So we can learn to pick ourselves up" 
Harusnya gue udah ngelakuin ini dari lama. Review film suka-suka. Sesuka hati gue dan seenak jidat gue. Entah kenapa setelah bertahun-tahun punya blog, baru kali ini gue bener-bener mau nulis review film. Biasanya lebih banyak ngebacot di twitter atau di grup beranggotakan lima orang yang gak abis-abis ngomongin film beserta pemeran-pemerannya.
Entah mulai kapan gue mulai peduli antara persaingan DC Comics dan Marvel kemudian membanding-bandingkan mereka berdua. Padahal siapa sih yang suka dibandingkan. Gue aja gak suka dibanding-bandingin sama orang lain. Rasanya gak enak. Lo kayak berasa selalu ada kurangnya. Pokoknya kayak gitulah. Ah apaan sih. Rara, focus! Oke. Dulu gue cuma tau nonton film-film superhero tanpa tau itu punya DC Comics atau Marvel. Oh iya, gue suka hampir semua film tentang superhero dan film-film yang menampilkan heroisme (beda kan ya?). Padahal gue udah tau tuh gimana alurnya. Pemeran ut…
Postingan terbaru

Kesempurnaan Raisa hanya Ilusi Belaka

"Perfect people aren't real and real people aren't perfect" - Anonymous
(tulisan ini bersifat subjektif dari barisan sakit hati yang tak rela mas Hamish jatuh ke pelukan mbak Raisa)
Beberapa hari ini hampir semua media sosial ramai dengan perbincangan tentang pernikahan Raisa Andriana dan Hamish Daud. Foto dan video pernikahan mereka bikin yang liat jadi baper maksimal. Ya gimana engga, keduanya artis terkenal dan terlebih lagi yang cewek cantik banget (menurut sebagian besar orang) yang cowok ganteng banget (ini menurut gue dan beberapa temen gue yang emang penggemar cowok macho brewok tipis). Gue pertama kali liat Raisa di link berita beberapa tahun yang lalu. Waktu itu dia kalo gak salah sering nge-upload video nyanyi di youtube trus sempet jadi backing vokal juga. Yap, dia cewek cantik yang punya suara lumayan dan belum terkenal-terkenal amat. Ga sampe sepuluh tahun, dia udah setenar sekarang dan jadi simbol kecantikan wanita Indonesia bersaing sama Dian Sastro. …

Fat Is Not Crime; Curhat Seorang Wanita Berbobot Lebih

"Beauty is not about looks, make up or clothes. True beauty comes from being yourself"
"Beauty is not in the face, beauty is a light in the heart"

Ah masa sih? Quotes-quotes begituan menguatkan hati gak sih? Hey, saya nanya sama kamu. Iya, kamu. Yang kadang-kadang gak pede sama diri sendiri karena bentuk dan penampilan. Eh, lupa. Saya lagi ngaca dan monolog.
Setiap akan pulang kampung atau mau ketemu orang setelah sekian lama, hal pertama yang udah pasti saya pikirin adalah saya tambah gendut atau engga. Kalo gak tambah gendut berarti gak apa-apa, kalo tambah gendut siap-siapin deh telinga dan hati yang gondok karena ketemu orang, bentuk badan pasti dikomentarin. Selain pertanyaan 'kapan nikah' beberapa tahun ini pertanyaan 'kok kamu makin gendut sih?' jadi momok tiap pulang dari perantauan. Kok bisa sih saya mikirin ini? Udah kayak cewek-cewek aja. Ya iyalah. Saya kan emang cewek tulen setulen-tulennya.
Dari dulu sampe sekarang, saya gak pernah miki…

Barana' ; Tiga Tahun Belajar Kehidupan

"High school is when you start to realize who really matters, who never did and who always will" - Unknown - 

SMU Kristen Barana' di bawah naungan YPKT
Lahir dengan satu tekad mencerdaskan kehidupan bangsa...
Semuanya bermula ketika aku diutus oleh sekolah menengah pertamaku untuk ikut sebuah lomba bertajuk MIPA Kreatif di sebuah SMA yang terletak cukup jauh dari Kota Rantepao, tempatku bersekolah. Sekolah ini terkenal sebagai sekolah unggulan yang dicap terbaik saat itu. Ketika memasuki gerbangnya, bulu kudukku berdiri. "Sekolah macam apa ini?", kataku dalam hati. Aku, seorang anak SMP yang masih sangat polos memandang kagum dan takjub pada gedung sekolah yang tersusun rapi, aula yang besar, serta bangunan asrama siswa yang banyak dilindungi oleh pohon-pohon berbatang besar yang disebut pohon Barana'. Ketakjubanku tidak berhenti di situ. Siswa-siswa SMA tersebut muncul di depan kami dengan seragam orange mentereng namun mantap disertai langkah tegap yang pen…

Next Level of Life

"Every next level of your life will demand a different you" - Unknown
Sekitar lima tahun lalu setelah aku menamatkan diri dari dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Unpad, aku berpikir seperti para lulusan baru lainnya untuk mencari pekerjaan. Pemikiran yang simple karena begitulah stepnya. Jika dipikir-pikir, hidup telah memberikan standar-standar yang sadar atau tidak sadar kita ikuti. SD-SMP-SMA-Kuliah-Kerja-Nikah-Punya anak-Pensiun-Mati. Seakan-akan hal itu adalah sesuatu yang harus kita lewati jika ingin bertahan di dunia yang kejam ini. Tentu aku berbicara dari sudut pandang yang normatif dan pendapat kebanyakan orang. Sekian persen dari penduduk bumi tidak mengikuti aturan baku tersebut. Ada yang memang karena keinginan sendiri ada pula yang terpaksa karena keadaan yang tidak memungkinkan. 
Aku sedang berada pada tingkatan pasca kuliah strata satu yang sudah mengecap dunia kerja. Normalnya, berdasarkan standar 'baku' semesta, aku harusnya sudah menikah seperti kebany…

Pulau Rote, Selatan Yang Terlupakan

"No man is an island, entire of itself; every man is a piece of the continent, a part of the main" -John Donne-
Sepertinya aku pernah menceritakan tentang kebahagiaanku ditempatkan di Nusa Tenggara Timur. Aku rasa semua setuju bahwa daerah timur Indonesia menyimpan banyak keindahan yang tidak banyak diketahui orang. Aku yang berada di Kupang saat itu -tahun 2014- mempunyai banyak waktu luang untuk mengintip sedikit dari keindahan mereka. Pada suatu hari yang cerah akhirnya aku gunakan untuk menyeberang ke pulau paling selatan Indonesia, Pulau Rote -ada yang menyebutnya Pulau Roti-

Aku berangkat bersama teman kerjaku. Kami bersama-sama menghabiskan akhir minggu untuk mengunjungi tempat baru yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Dari Kupang tidak sulit untuk menuju Pulau Rote. Yang perlu dilakukan hanyalah datang ke pelabuhan dan membeli tiket untuk menyeberang. Anda bisa memilih untuk naik kapal cepat -sekitar 2 jam perjalanan- dari Pelabuhan Tenau atau naik kapal lambat -…

Karimunjawa, Surga di Utara Pulau Jawa

"A little sand between your toes always takes away your woes"

Indonesia terkenal dengan keindahan pantai dan kekayaan alam bawah lautnya. Keindahan dan kekayaan ini tersebar di seluruh pesisir Indonesia yang notabene berbentuk kepulauan. Pulau Jawa tidak ingin ketinggalan menyumbangkan salah satu spot menyelam terindah di negeri ini. Tersebutlah Pulau Karimunjawa yang secara administratif terletak di Kabupaten Jepara. Untuk menuju ke sana membutuhkan waktu sekitar 5 jam menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Kartini. Jika ingin lebih cepat anda bisa menggunakan kapal feri cepat yang bisa menempuh perjalanan hanya sekitar 2 jam. Kedatangan anda akan disambut oleh hamparan pantai dengan pasir putih dan air laut yang masih sangat bersih. Sangat berbeda dengan pelabuhan lain yang airnya sudah kotor terkontaminasi sisa limbah kapal. 
Karimunjawa berasal dari kata "kremun-kremun" atau yang dalam bahasa Indonesia berarti "kabur". Konon pulau ini adalah tempat Sunan…