Jumat, 30 Desember 2011

Catatan Akhir Tahun

Share it Please
Sebuah renungan, sebuah pengakuan

Waktu, salah satu hal yang tidak dapat kembali di dunia ini. Tak terasa setahun lagi telah aku lewati. Dalam beberapa jam ke depan, aku dan seluruh dunia akan memasuki tahun baru. Apa yang istimewa dari sebuah tahun baru? Mengapa semua orang membicarakan tahun baru? Aku sampai hampir bosan mendengar rencana-rencana orang-orang yang akan merayakan malam pergantian tahun. Bukan berarti aku tidak senang dengan pergantian tahun, tapi terus terang aku iri karena mereka merayakan hari bahagia itu dengan orang-orang yang mereka sayangi, sedangkan aku hampir pasti merayakan malam pergantian tahun jauh dari keluarga. Ya sudahlah, aku tahun ini mungkin kurang beruntung.

"Jangan pernah menoleh ke belakang", kata seorang teman kepadaku. Kawan, ijinkan aku sekali ini melihat ke belakang. Aku ingin melihat apa yang telah aku lakukan selama setahun ke belakang. Dengan mengingat-ingat apa yang telah aku lewati, aku banyak belajar.

Aku belajar bahwa hidup tidak selamanya senang dan tidak selamanya sedih. Mereka berjalan berdampingan yang walaupun berlawanan selalu berjalan seiring tanpa pernah terpisah.

Aku belajar bahwa apa yang kita miliki sekarang suatu saat akan hilang tanpa kita tahu waktunya kapan.

Aku belajar bahwa kehilangan seseorang yang kita cintai akan merobek relung hati yang paling dalam dan dihantui duka yang sangat menyakitkan.

Aku belajar bahwa ikhlas adalah cara yang paling tepat untuk menerima kepergian seseorang walaupun itu sangat sulit.

Aku belajar bahwa hidup penuh dengan kejutan. Ada saat di mana kita akan mengalami hal yang paling mustahil sekalipun dan terlintas dalam pikiranpun tidak pernah.

Aku belajar bahwa persaudaraan yang erat tidak tergantung dari hubungan darah. Sahabat adalah keluarga yang kita pilih yang bisa lebih dekat daripada keluarga sedarah.

Aku belajar bahwa seorang yang kamu anggap sahabat bisa menjatuhkanmu dan menjadi musuhmu. Sebaliknya musuh terbesarmu bisa menjadi teman terbaikmu.

Aku belajar bahwa sesulit apapun keadaan keluargamu, mereka akan selalu ada di sampingmu untuk mendukungmu dan selalu mengirim doa untukmu.

Aku belajar bahwa perbedaan tetaplah perbedaan. Ada perbedaan yang sama sekali tidak dapat disatukan karena semuanya di luar kemampuanmu.

Aku belajar bahwa tidak ada yang mustahil jika kita bermimpi, berharap dan berusaha.

Aku belajar bahwa menyia-nyiakan waktu yang ada akan membawamu kepada penyesalan mendalam pada saatnya nanti.

Aku belajar bahwa apa yang ada pada kita saat ini tidak pernah menjadi milik kita. Dari awal kita memang tidak punya apa-apa dan nantinya kita tetap tidak punya apa-apa. Sang Penciptalah pemilik semuanya.

2011. Kehidupan yang luar biasa. Banyak hal yang membuatku menangis sampai tidak bisa mengeluarkan air mata lagi dan juga banyak hal yang membuatku tertawa sampai aku tidak bisa menahan air mataku yang ingin mengalir. Syukur yang tidak pernah berhenti untuk Tuhanku atas segala yang telah aku dapatkan dan segala yang telah diambil dariku. Semoga aku dan kamu menjadi manusia yang lebih baik. Manusia yang tidak jatuh pada lubang yang sama. Manusia yang tahu caranya bersyukur. Manusia yang berkenan di hadapan Tuhan.

Thank you, 2011. Welcome 2012. Cheers !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About