Jumat, 25 Oktober 2019

Gundala; Pride of Indonesia!

Share it Please
"Jangan ikut campur urusan orang lain. Belajar urus diri lo sendiri" - Awang

Tuh dengerin kata Awang. Agak susah tapi ya buat orang-orang jaman now apalagi yang ekstrovert kayak gue. Tapi kita lagi gak ngebahas tentang kehidupan di dunia fana ini, kita lagi mau ngebahas tentang film superhero (jagoan) Indonesia yang baru aja tayang, Gundala Putra Petir. Film ini banyak yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, paling gak yang suka nonton film atau yang baca komiknya. Kalo gue yang pertama karena gue terus terang gak baca komiknya. Sering denger doang selewat. Baru mulai cari tau pas Joko Anwar, sutradara film ini ngumumin tentang produksinya.


Jadi, Gundala ini tokoh komik yang diangkat ke layar lebar dan diproduksi secara serius. Serius dalam artian sebaik-baiknya, sebagus-bagusnya, semaksimalnya kemampuan sineas Indonesia biar jadi keren. Syukur kalo bisa nyamain film-film Marvel. Ya paling gak DC-lah. Itu udah tarif bawah kalo di dunia ojol. Cuma kalo gak nyamain juga gak apa-apa. Namanya juga usaha. Dan gue baru tau kalo Gundala ini salah satu karakter yang ada di semesta Bumi Langit. Ternyata karakter jagoan dari komik lama ini banyak banget. Gue taunya cuma Si Buta Dari Gua Hantu sama Mandala. Maklum, soalnya masa kecil dan remaja gue terenggut nonton Angling Darma sama Misteri Gunung Merapi. Gue beneran gak tau tuh kalo ada yang namanya Godam, Sri Asih, Virgo, Tira, Aquanus etc. Nah film Gundala ini ceritanya jadi pembuka rangkaian Bumi Langit Cinematic Universe. Kayak Iron Man gitulah pas ngebuka Marvel Cinematic Universe. Kenapa Gundala harus dibahas? Ya karena ini produk Indonesia. Indonesia bikin film superhero yang lumayan itu prestasi.


Gundala nama aslinya Sancaka, diperanin sama Abimana Aryasatya yang entah kenapa di peran ini jadi cakep banget. Sebelum-sebelumnya juga cakep sih tapi di sini berlipat-lipat cakepnya. Duh. Kehidupan Sancaka dari kecil diceritain di film ini. Ceritain gimana orang tuanya yang berjuang buat ngelawan ketidakadilan yang bikin bapaknya meninggal dan ibunya ngilang. Dari situ Sancaka berjuang idup sendiri. Akting adek yang jadi Sancaka kecil wagelaseh. Keren banget. Jadi pengen gue angkat jadi sodara rasanya. Dalam perjuangan hidup sendiri, Sancaka kecil ketemu sama cowok remaja namanya Awang dan ngajarin bela diri. Sayangnya mereka kepisah pas lagi ngejar kereta. Sancaka trus gede aja gitu berubah jadi cakep walaupun cuma pake baju satpam.


Film ini banyak adegan berantemnya. Adegan berantemnya bagus walaupun adegan berantem kayak gitu udah sering kita liat di film-film action Indonesia yang lain. Sancaka ngeluarin petirnya cuma beberapa kali, mungkin karena budget CGI yang mahal. Mungkin ya. Gak dijelasin detail kenapa Sancaka tau-tau bisa ngeluarin petir. Atau guenya yang gak merhatiin. Kalo menurut komiknya sih doi anak Raja Petir gitulah. Sancaka yang awalnya cuek sama keadaan sekitar karena gak mau ikut campur urusan orang lain (karena inget pesan Awang), mulai ngebela orang-orang gak bersalah trus lama-lama jadi vigilante macam Arrow gitu. Yang minta bantuannya modelan Tara Basro, ya bergetarlah jiwa patriotisme babang Sancaka.


Villain di sini namanya Pengkor, diperanin sama aktor Malaysia Bront Palarae. Salah satu yang aktingnya ciamik juga. Penceritaan tentang masa kecilnya dan gimana dia jadi Pengkor yang sekarang itu singkat tapi joss. Dia juga di film ini jadi bapaknya anak-anak. Anak-anak ini adalah anak-anak yatim yang dia bantu dan dilatih jadi pembunuh bayaran dengan profesi yang beragam. Anak-anak bapak yang muncul di Gundala castnya mantep-mantep banget walaupun pas mereka muncul kurang greget. Entah kurang dieksplor atau emang adegan berantemnya kurang bagus.


Plot cerita film Gundala kata sutradaranya Joko Anwar sedikit nyindir kondisi Indonesia. Perjuangan kaum buruh, orang-orang tertindas dan lemah. Gak lupa juga ada wakil-wakil rakyatnya. Untung di sini yang ditonjolin wakil rakyat yang memihak kepentingan yang empunya suara. Kalo dalam dunia nyata you knowlah yaaa.

Kayak film-film superhero khususnya Marvel, Gundala juga punya after credit scene yang ngasih liat tokoh lain dari Bumi Langit Cinematic Universe buat ngasih penonton kisi-kisi film-film selanjutnya. Salah satu villain yang awalnya temen Pengkor yaitu Ghazul (diperanin Ario Bayu) juga ngambil peran penting karena ngebangkitin salah satu villain terkuat yaitu Ki Wilawuk. Soooo, dari kisi-kisi ini bikin gak sabar buat nonton film-film selanjutnya.

Untuk sinematografi gue sih suka aja. Tone-nya enak diliat. Kalo udah sering liat film atau serial DC pasti udah gak asing. Dark-nya mirip-mirip. Jokesnya juga oke dan pas penempatannya. Cuma ya masih banyak yang perlu dibenerin lagi. Budgetnya dinaikin lagi sih bisa pecah. Tapi di balik segala kekurangannya, menurut gue Gundala jadi pembuka yang bagus buat film-film 'jagoan' Indonesia selanjutnya. Gak pernah nyangka sebenernya Indonesia bisa punya film sejenis ini dan gak kampring.

Bang, gak mau nambah istri gitu? Aku siap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About