Jumat, 25 Oktober 2019

Untuk Kamu di Umur Tiga Puluh Tahun

Share it Please
Hai kamu, how's life?
Bagaimana rasanya menginjak kepala tiga?

Sebelumnya, ku ucapkan selamat ulang tahun. Ada yang mengatakan saat ulang tahun kita bertambah umur tapi sebenarnya jatah umur kita berkurang di dunia. Kudoakan semoga sisanya berapa pun itu membuatmu senantiasa bisa bermanfaat bagi banyak makhluk.

Hidup rasanya banyak kesulitan ya setahun terakhir, tahun penghujung kamu berumur 20-an.
It's okay, sayang. Nyatanya kamu sudah tiba di titik ini. Mungkin belum sebuah titik puncak, tapi paling tidak kamu masih bertahan sejauh ini.

Aku ingin mengajakmu melihat sebentar ke belakang. Tidak apa-apa, kan?
Aku ingat terakhir kamu sempat mencatat apa saja yang kamu capai di setiap pertambahan umurmu dari lahir sampai sekarang. Perjalanan hidup yang menurutku menakjubkan, hidup yang mungkin didambakan beberapa orang. Mungkin untukmu itu adalah sebuah perjalanan yang biasa-biasa saja dan belum ada apa-apanya dibandingkan orang lain. Kukira wajar untuk berpikir seperti itu. Lagipula, kita adalah manusia biasa.

Aku sangat tahu bahwa yang kamu lewati sejauh ini adalah sebuah perjuangan yang tidak mudah. Begitu banyak tangis dan kesepian yang datang. Aku tahu berapa malam yang kamu lewatkan sendiri sambil merenung, menangis kemudian berdoa dalam gelap kepada Tuhanmu. Aku pun tahu seberapa banyak kamu terlihat bahagia di depan orang lain tapi hatimu merasakan hal lain. Selain tidak ingin membuat orang terdekatmu khawatir, kamu juga memilih untuk membagi kesedihan hanya dengan orang yang bisa dipercaya dan mengerti.

Sekarang coba kita lihat sebanyak apa pengalaman yang sudah kamu dapatkan sejauh ini. Amat banyak. Kamu adalah salah satu orang yang beruntung bisa mendatangi banyak tempat, menimba ilmu di sekolah-sekolah terbaik, kemudian memperoleh banyak sekali teman yang kemudian menjadi sahabat setia. Kamu memiliki keluarga yang tidak sempurna tetapi selalu bisa memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang tidak dimiliki orang lain. Kamu memiliki banyak orang yang dapat diandalkan dalam masa-masa sulit. Orang-orang yang akan membantumu tanpa banyak mempertanyakan pilihan-pilihanmu. Mereka, baik yang mempunyai pertalian darah atau pun orang asing yang sedekat saudara.

Beberapa pria juga pernah datang dan menjadi istimewa bagimu dalam beberapa waktu. Pria yang pernah memberimu cinta begitu pun sebaliknya. Kamu tahu sayang, tak ada yang pernah sia-sia dari waktu yang telah dijalani. Orang akan selalu datang dan pergi karena begitulah hukum alam yang berlaku. Orang yang datang bisa memberi kebahagiaan maupun kesedihan. Satu yang pasti, mereka memberikan pelajaran hidup yang berbeda-beda. Pelajaran penting untuk menjalani hari-hari selanjutnya. Pelajaran yang belum tentu didapatkan semua orang.

Di umur ketiga puluhmu ini, aku ingin mengatakan bahwa,

Mengeluh adalah hal yang manusiawi.
Marahlah jika ingin marah dengan mempertimbangkan konsekuensinya.
Menangislah jika itu membuatmu lebih baik.
Tetaplah menjadi dirimu sendiri karena kamu istimewa.
Bersyukurlah atas apa pun yang kamu lewati dan miliki.
Ikhlaskan dan terimalah masa lalu yang baik maupun buruk.
Cobalah memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti hatimu.
Tetap berbuat baik sebisa dan semampumu kepada siapa pun.
Terus lakukan kegemaranmu dan apapun yang bisa membuatmu bahagia.
Mengobrollah lebih banyak dengan ayah ibumu agar di masa tua mereka tidak merasa kesepian.
Sayangi dan hargai saudaramu, sahabatmu dan orang-orang yang selalu ada untukmu.
Tetap tersenyum dan tularkan kebahagiaan sebanyak mungkin.
Ingatlah bahwa setiap orang punya pergumulan masing-masing, cobalah mengerti.
Tak ada batasan umur untuk bermimpi. Kejarlah apa yang kamu cita-citakan dan tetap yakin kamu bisa melakukan apa pun.
Teruslah belajar karena ilmu tak pernah berkesudahan.
Akan masih banyak hal yang akan terjadi, yang tidak sesuai dengan keinginanmu, di luar kekuatanmu. Oleh karena itu, pasrahkan seluruh hidupmu kepada Yang Maha Kuasa.

Satu hal lagi yang harus kamu tahu,
Aku dan banyak orang mencintaimu. Sangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About