Kamis, 24 Januari 2019

Mr. Sunshine; Drama TV Rasa Film

Share it Please
"Nobody can give you freedom. Nobody can give you equality or justice. If you are a man, you take it!" - Malcolm X

Gue udah nonton puluhan drama korea tapi belum pernah ada yang gue bahas lewat tulisan di blog. Gue dulu gak tertarik sama sekali sama drakor karena dalam pikiran gue drakor itu menye-menye, lebay dan ngabisin waktu buat nontonnya. Drakor rata-rata terdiri dari 16 episode yang durasinya sekitar satu jam per episodenya. Apalagi jaman dulu kalo mau nonton drakor harus beli dvd bajakan paling kurang 4 keping per drama yang artinya uang yang harus dikeluarkan lebih banyak. Maklum anak kos. Tapi yang namanya virus gak bisa ditolak dan datang tiba-tiba tanpa lo sadari. Gue inget drakor yang pertama kali gue tonton judulnya You're Beautiful tanpa tau nama-nama pemainnya cuma ingat mukanya doang. Setelah itu gak langsung suka banget tapi waktu ada temen yang rekomendasiin drakor yang menurut dia bagus gue coba untuk nonton. Temen yang rekomendasiin itu cowok dan gue percaya penilaian cowok tentang drama korea karena udah jadi rahasia umum kalo drakor itu identik sebagai tontonan cewek-cewek. Salah satu yang direkomendasiin temen gue ini judulnya Gentlemen's Dignity. Ceritanya tentang kehidupan laki-laki gitu dan menurut temen gue ceritanya relatable sama mereka. Bhaiqlah. You win. Sejak itu gue jadi penonton drakor.

Gue nonton drakor yang menurut orang lain bagus. Gue jarang nonton drakor yang emang pengen gue nonton tanpa ada jaminan itu bagus atau engga. Awalnya gue cuma nonton drakor yang pemainnya sering gue liat mukanya entah di berita atau youtube. Ya macam Lee Min Ho gitulah. Atau emang yang good looking. Gue inget nonton Boys Over Flowers, Meteor Garden versi Korea sampe dua atau tiga kali. Wasting time banget. Di situ gue baru ngerasain yang namanya virus. Makin ke sini, makin sering nonton drakor dan juga serial tv barat yang ceritanya njlimet, gue mulai bosan dengan drama yang ceritanya bisa ketebak atau gitu-gitu aja. Selera jadi bergeser dan gue sampe sekarang lebih mementingkan jalan ceritanya daripada pemainnya.

Menurut penilaian pribadi gue, produksi drama korea ini gak maen-maen. Gue kagum mereka bisa bikin drama-drama menarik yang kualitasnya setara film-film bioskop. Bukan macam sinetron sampah Indonesia yang kayak gak niat bikinnya. Cuma menang di jumlah episode bejibun tanpa peduli sama kualitas cerita maupun gambarnya.


Mr. Sunshine adalah salah satu drakor yang baru aja gue tonton dan membekas di pikiran gue. Bikin baper iya, tapi lebih dari itu. Drakornya nambah kekaguman gue sama keseriusan orang-orang di sana bikin drama yang ditayangin di tv. Drama ini diperanin Lee Byung Hun. Kalo liat mukanya bisa langsung kenal karena doi udah maen di film Hollywood macam G.I. Joe sama Red 2. Settingnya sekitar tahun 1800an akhir sampe 1900an awal pas Korea namanya masih Joseon dan lagi dalam masa penjajahan Jepang. Dalam masa ini masih kental perbedaan kelas antara budak dan bangsawan. Nah drama ini menceritakan tentang salah satu anak budak yang kabur ke Amerika karena perlakuan keji majikan ke keluarganya. Selain itu di sisi lain ada anak bangsawan cewek yang orang tuanya jadi pejuang tapi terbunuh di Jepang pas lagi ngejalanin misi. Lead ceweknya ini diperanin sama Kim Tae Ri. Ini pertama kali gue liat dramanya dia.

Setelah gede, Choi Yoo Jin (Lee Byung Hun) jadi tentara berkewarganegaraan Amerika dan Go Ae Sin (Kim Tae Ri) tetep jadi wanita bangsawan tapi diam-diam dilatih jadi pejuang kemerdekaan. Gak cuma mereka berdua, ada beberapa karakter lagi yang punya peran penting dalam drama ini. Yang gak suka drama latar jaman dulu, mungkin gak bakal suka drama ini. Tapi percayalah ini drama korea dengan sinematografi terbaik yang pernah gue tonton. Kita kayak dibawa ke masa lalu dengan cerita cinta, pengkhianatan, diplomasi, perjuangan, peperangan, kesetiaan, pilihan dan masih banyak lagi. Campur aduk tapi apik. Dengan cerita yang mudah dimengerti, kita kayak lagi nonton film berdurasi panjang. Penggambaran karakternya juga bagus dengan akting pemain-pemainnya yang gak usah diragukan lagi. Yang bisa gue jamin lagi habis nonton ini pasti langsung benci banget sama tentara Jepang trus jadi inget penjajahan mereka di Indonesia yang cuma 3,5 tahun tapi membekas. Meskipun begitu, gue terhibur sama beberapa adegan pertarungan pedang samurai. Itu keren banget. Oh iya, kostum-kostum ala wania Barat-nya lucu-lucu. Karena ini dramanya settingan masa perjuangan, jadi banyak yang mati gitu. Scene mati beberapa karakter ngaduk-ngaduk perasaan dan bikin nangis. Asli sedih coy. Gak semuanya tragis, di sini juga banyak adegan lucunya dan romansanya dalem. Bitter sweet gitulah. 

Buat yang suka drama korea apalagi suka sejarah wajib nonton Mr. Sunshine sih. Habis nonton pasti langsung pengen nguasain Bahasa Jepang, Korea dan Inggris sekaligus. Pengen jalan-jalan juga trus duduk di bukit gitu sambil merenung. Tsah!

2 komentar:

  1. Drama terbaik selama 20 tahun ngikuti drama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang the best. Masih terkagum-kagum Korea bisa bikin drama sekelas begini

      Hapus

About

Blogroll

About