Jumat, 04 Februari 2011

Changes..

Share it Please
Mantan presiden Amerika Serikat, Benjamin Franklin pernah berkata bahwa "Berubah memang sulit tapi tidak berubah adalah fatal". Saya dulu membenarkan perkataan beliau. Benar bahwa semua hal di dunia termasuk saya harus berubah ke arah yang lebih baik. Tetapi bagaimana jika saya atau anda malah berubah ke arah yang tidak baik? Bukankah akan lebih fatal akibatnya karena bisa merugikan orang lain? Ya, ya, ya, saya tahu bahwa baik atau benar adalah salah satu hal yang paling relatif di dunia ini. Kebenaran menurut saya tidak akan selalu sama dengan kebenaran yang dipahami orang lain. Tapi lupakan masalah kerelatifan. Itu adalah urusan para ilmuwan dan saya bukan ilmuwan. Tapi atas dasar apa seseorang dikatakan ilmuwan? Itu juga tergantung pandangan orang lain.

Salah seorang teman saya juga pernah berkata "Time changes, people changes". Menandakan bahwa setiap orang akan berubah seiring berjalannya waktu. Itu pasti. Tapi dalam waktu yang cepat, itu belum pasti. Akan ada segelintir orang akan tetap pada sikap dan pemikirannya bagaimanapun badai zaman menghempaskannya. Saya kadang-kadang berpikir untuk menjadi seperti itu. Tapi, apakah saya bisa menentang zaman?

Akhirnya saya berpikir bahwa tidak ada salahnya berubah jika ke arah yang lebih baik. Lebih baik menurut saya tentunya. Saya sudah bosan dengan pendapat orang lain yang merasa selalu benar. Ini hidup saya dan saya yang bertanggung jawab atas hidup saya sendiri. Saya akan berubah karena keinginan saya sendiri. Bukan karena orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About