Sabtu, 10 September 2022

Don't Lose Yourself

Share it Please
"It is one thing to lose people you love. It is another to lose yourself. That is a greater loss" - Donna Goddard

Berada di tempat dan kondisi baru sejak dulu bukanlah masalah besar bagiku. Aku selalu yakin dapat beradaptasi dengan cepat di manapun aku berada. Kemampuan itu tidak bisa dimiliki semua orang. Aku pernah membaca ini di suatu tempat "yang bertahan hidup bukanlah mereka yang kuat tetapi mereka yang mampu beradaptasi". Ungkapan itu sama sekali tidak salah. Apalagi di dunia yang makin gila ini. Makin banyak kejadian aneh dan makin banyak tantangan yang belum pernah ditemui atau terbayangkan sebelumnya. Dunia yang semakin gila menuntut banyak hal, menuntut kita untuk beradaptasi sedemikian rupa sehingga perlahan membuat kita kehilangan diri. Aku tidak ingin. Seberapa besar pun badai menghantam hidup, aku tidak ingin kehilangan hal yang membentukku menjadi manusia yang seperti sekarang. Aku ingin menjadi orang yang tetap berdiri tegak di tengah terpaan hujan. Aku ingin menjadi orang yang tetap bangga dengan apa yang kulakukan dan menjadi apapun diriku. Karena sebesar-besarnya kehilangan adalah kehilangan diri sendiri.

"Aku tidak ingin menjadi pohon bambu, aku ingin menjadi pohon oak yang menentang angin". Begitulah kata Soe Hok Gie kita dia dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit yang mempertaruhkan apa yang dia punya. Kejadian hari ini membuatku semakin sadar bahwa jalan kebenaran itu sulit, terjal dan berbatu. Dengan berpegang pada kebenaran, aku bisa saja terombang-ambing dalam pusaran ombak yang tak tahu di mana ujungnya. Atau aku bisa saja tertusuk duri tajam yang akan menggoreskan luka-luka yang tak tahu kapan sembuhnya. Namun, apalah arti hidup ini jika tidak berprinsip dan tak punya pegangan. Aku pernah mengalami hal-hal sulit, di mana aku berpikir aku tidak akan bisa bertahan. Aku berhasil melewatinya. Hal-hal tersebut membawaku ke tempat di mana aku berdiri sekarang. Aku tidak bisa berhenti begitu saja. Aku harus menyelesaikan apa yang sudah aku mulai. Jalan ini akan semakin terjal dan semakin sulit. Aku harus bertahan sekuat-kuatnya dan sebaik-baiknya. Aku akan melewati ini. 

Tulisan ini akan selalu menjadi pengingat bahwa aku pernah berjanji pada diriku sendiri untuk tetap teguh di jalan yang telah aku pilih. "Segala perkara dapat kutanggung dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku". Tuhan pasti akan menolong. Mungkin ini adalah salah satu jalan yang harus kutempuh untuk menjadi manusia yang lebih baik, manusia yang lebih utuh.

Suatu hari di tempat baru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About