Selasa, 07 Mei 2019

Endgame; Salam Perpisahan Tiga Jam

Share it Please
"This is the fight of our lives and we're going to win. Whatever it takes" - Steve Rogers

Sebuah penggalan pidato Captain America saat mereka mau melakukan perjalanan kembali ke masa lalu buat ngambil Infinity Stones. Setelah nunggu sekian bulan akhirnya puncak dari segala kegaduhan yang dibuat Thanos sampe ke babak akhir. Sebuah penutup dari perjalanan panjang Marvel Cinematics Universe selama 11 tahun dengan 21 film (22 dengan Endgame).  Endgame ini durasinya tiga jam! Kebelet kebelet dah lo. Bagi yang ngikutin dari awal pasti punya harapan besar ini jadi perpisahan yang gak cuma manis tetapi juga harus mencengangkan. Ya iyalah, fans banyak nuntut kayak kita mah pengen ending yang banyak efek kejutnya dan gak garing :)) Tapi kayak yang udah-udah, kita pernah gak dikecewain sama Russo Brothers? Kayaknya sih gak pernah ya. Dikecewain cowok php sih sering #ehgimana

Poster yang gitu-gitu aja tapi dinanti-nanti
Infinity War menyisakan banyak luka karena jagoan-jagoan kita jadi debu setelah Thanos menjentikkan jari dengan keenam Infinity Stones di tangannya. Perasaan luka ini digantung gitu aja dan mulai berteori tentang gimana caranya ngalahin Thanos. Ternyata bukan kita aja yang mikir gini. Jagoan-jagoan yang sisa gak kalah terlukanya. Ya iyalaaahhh. Yang mati temen mereka. Di Endgame dikasih liat tuh gimana hopeless-nya mereka nyari cara buat balikin setengah penduduk semesta. Ada yang nyerah, ada juga yang nyimpen harapan walaupun tipis. Setipis kemungkinan body gue kayak model Victoria's Secret. Scene-scene ini ngasih liat ke kita kalo superhero juga manusia yang bisa putus asa (pengecualian buat Rocket). Scene-scene ini juga ngasih liat ke kita kalo orang menghadapi kekalahan dan kehilangan dengan cara yang berbeda-beda. Untung babang Evans masih mulus dan menawan, jadi gak suram-suram amatlah.

Tapi bukan Marvel namanya kalo gak ada humornya. Celetukan-celetukan bangke khas mereka tetep diselipin. Paling bangke sih pas Rocket sama Hulk dateng ke New Asgard dan muncullah Thor yang udah jadi pemabuk dengan perut buncit dan rambut berantakan karena galau selama 5 tahun ngerasa gagal ngalahin Thanos. Otot-otot sempurna babang Hemsworth gue sirna sudah *cry*
Ngakak mulu kalo liat ini :))
Di awal para Avengers minus Iron Man plus Captain Marvel sempat nemuin Thanos yang udah jadi petani dengan tujuan ngerebut kembali Infinity Stones. But you can't always get what you want, meenn. Infinity Stones ternyata udah dimusnahin dan Thanos udah gak punya power. Dengan emosi kepalanya dipenggal gitu aja sama Thor. Dan here we are, para superhero kita jatuh dalam lembah kekelaman (again). Ouch!

Clint Barton aka Hawkeye yang gak muncul sama sekali di Infinity War muncul di awal film ini lagi maen sama keluarganya yang tiba-tiba jadi debu. Dengan hilangnya keluarga, Clint membabi buta bunuh-bunuhin gangster. Captain Marvel jadi anak baru di tim setelah nyelamatin Tony Stark dan Nebula yang terdampar di luar angkasa. Sementara Tony memulai hidup baru sama Pepper Potts dan punya anak super cute yang dikasih nama Morgan. Steve Rogers jadi motivator di perkumpulan orang-orang yang kehilangan (Joe Russo sempet-sempetnya jadi cameo). Thor jadi samvah kayak yang gue bilang tadi. Natasha Romanoff galau dan gak move on setelah 5 tahun kejadian. Move on emang susah mbak. I feel you.

Setelah Infinity War beberapa teori muncul tentang gimana balikin orang-orang yang udah musnah. Doctor Strange yang ikut musnah juga hanya ngeliat 1 kemungkinan menang dari 14 juta kemungkinan. Nah 1 kemungkinan ini yang bikin penasaran. Gue pribadi sih mikirin teori terlibatnya Ant-Man yang stuck di quantum realm. Gue mikir kalo makhluk yang musnah ini jadi sub-atom gitu trus terjebak di sebuah tempat kayak yang didatengin sama Ant-Man di film dia sebelumnya. Ternyata gak sepenuhnya salah (trus gue bangga sendiri gitu). Ant-Man dengan bantuan tikus (iya, tikus) keluar dari alat yang dibikinin Hank Pym dateng ke markas Avengers ketemu sama Natasha & Steve ngomongin tentang time travelling. Harapan yang gak kosong-kosong amatlah apalagi ternyata Tony udah mikirin itu selama ini. Time travelling ini tujuannya buat ngambil Infinity Stones dari tempat dan waktu yang beda-beda.

Whatever it takes. Njirrrr... Goosebumps!
Time travelling yang mereka lakukan ini bikin kita flashback ke beberapa film Avengers sebelumnya. Selain itu bikin haru juga. Tony ketemu bapaknya, Thor ketemu ibunya dan Natasha mati ngorbanin diri buat dapat Soul Stone. A soul for a soul. Bruce Banner yang udah berbentuk Hulk permanen dapat kehormatan buat ngelakuin snap setelah Infinity Stones kekumpul. Snapnya berhasil balikin setengah makhluk yang dimusnahin Thanos. Tapi time travelling Rhodes dan Nebula ke Morag buat ngambil Power Stone gak berjalan lancar karena ketahuan Thanos di masa itu (masa lalu buat kita). Nebula masa lalu (yang masih jahat) balik ke markas Avengers sebagai Nebula masa kini (kayak judul majalah) dan buka portal buat Thanos masa lalu. And the final battle begins...

Gue kehabisan kata-kata sih buat gambarin final battle ini. Epic. Banget. Itu yang nonton bioskop tepuk tangan mulu. Apalagi pas bagian Captain America bisa ngangkat mjolnir sama petir-petirnya. Belum lagi pas jagoan-jagoan yang udah musnah kumpul semua dan captain teriak "Avengers.... assemble". Merinding gilak. 11 tahun perjalanan ya buat nyampe di sini. Tapi dalam perang selalu ada korban dong ya. Sayangnya Iron Man yang kudu meregang nyawa karena ngelakuin snap buat musnahin Thanos dan semua pasukannya. Sedih lagi. 

Bikinin fans. Keren banget gak sih?!
Bikinan fans juga. We will miss you, Tony :")
Walaupun ada beberapa pertanyaan tentang timeline yang dianggap netijen sebagai plot hole, gue sih bilang film ini pas banget buat jadi penutup. Captain America balik ke masa lalu buat balikin batu-batu laknat yang bikin kaco trus balik-balik udah tua. Ternyata doi tinggal buat ena ena sama Peggy Carter. Ntaps kep! Udah gak tau lagi juga harus ngomong apa buat nanggepin kejeniusan Kevin Feige dan Russo Brothers. Gue yakin dalam beberapa dekade ke depan susah buat nandingin universe-nya Marvel Cinematics. Hats off!!! 

Trio Ambisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About