Senin, 08 Oktober 2018

Haters Gonna Hate

Share it Please
"Hate is a weak emotion, a sign of failure" - Anonymous

Gue lagi suka-sukanya nonton drama korea. Iya drama korea. Kalian gak salah baca kok. Nontonnya berbagai genre, mulai dari rom-com sampe yang thriller. Dulu gue skeptis kirain drakor itu alay dan gak bermutu tapi ternyata gue salah besar. Kalo pemilihan dramanya bener gue yakin kalian bakalan pada suka. Banyak yang nonton drakor karena pemainnya tapi gue lebih ngeliat jalan ceritanya. Gak apa-apa tampang pemeran utamanya biasa aja yang penting ceritanya seru. Tapi gue gak bakalan ngomongin drakor di sini. Gue cuma teringat salah satu judul episode dari drakor yang gue tonton yang bilang "Kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap orang yang kita benci". Iya, bahkan bukan judul dramanya tapi judulnya episodenya. Gue emang terkadang detail di saat-saat tertentu. Lebih banyaknya sih engga.

Menurut salah satu blog yang gue baca kebencian itu sudah jadi bagian dari sejarah manusia. Bahkan sudah dimulai sejak awal peradaban manusia dalam cerita Alkitab. Salah satu yang menjadi pemicu kebencian adalah kecemburuan. Buat yang baca Alkitab pasti tau cerita Kain dan Habel, anak dari Adam dan Hawa. Kain tega membunuh adiknya Habel karena cemburu. Gak salah kalo akhirnya kebencian dibilang sebagai penyakit hati dan penyakit itu ada sampai sekarang. Selain kecemburuan, ketidaksamaan pandangan dan berdiri atas kebenaran yang kita pegang tanpa melihat fakta yang ada kadang juga menjadi sumber kebencian. Kita pada dasarnya ingin didengarkan dan berharap orang lain setuju dengan jalan pikiran maupun tindakan kita. Pada saat orang tersebut tidak sepakat atau tidak sejalan kita akan mudah untuk tidak suka. Ketidaksukaan inilah yang kemudian berkembang menjadi kebencian.

Siapa yang pengen dibenci? Kayaknya gak ada. Kecuali publik figur yang nyari kontroversi biar tenar kali ya. Mereka lebih suka dibenci biar banyak yang ngomongin dan akhirnya mereka dapat untung dari situ. Makin banyak yang benci, makin tenar, makin tebal kantongnya. Begitu plot twist-nya. Tetapi gue yakin dalam hati kecil mereka juga ada rasa gak enak saat dicaci dan dimaki. Pasti banget.  Karena sifat dasar manusia kan pengen disukain banyak orang. Ini pendapat awam gue. Gue aja yang baca komenan netijen di sosmed ngehina dan ngecaci tokoh yang gak disukain kadang mikir "kok bisa sih manusia ngeluarin ujaran kebencian sampe segitunya". Kebayang kan mereka yang diserang dengan komen-komenan kayak gitu. Masa iya sih gak nancep sama sekali di hati? Kecuali mereka milih buat gak baca. 

Trus gimana kalo kita ngerasa udah biasa-biasa aja tapi masih ada yang benci? Ya bisa jadi balik ke poin pertama tentang akar kebencian paling umum, kecemburuan. Kita ngerasa biasa-biasa aja tapi ada orang yang ngerasa itu gak biasa-biasa aja. Apalagi kita sama sekali gak ngusik kehidupan dia dan apa yang kita lakukan gak pernah ngerugiin hidup dia secara materi ataupun moral. Kalo udah gini tapi tetep ada yang ngebenci ya bisa jadi orangnya emang punya penyakit mental.

Gue pribadi gak pernah kebayang sih bakal punya haters. Tapi nyatanya kehidupan yang gue jalani selama hampir dua puluh sembilan tahun ini emang gak mulus dan gue bukan orang sempurna yang bisa bikin semua orang senang. Gue juga pasti pernah punya salah dan bikin orang gak suka. Menurut gue masih wajar. Kalo ada orang yang benci karena alasan-alasan gak jelas dan gak bisa diterima akal sehat, ya mau gimana. Ngapain harus mikirin orang yang punya penyakit mental, ye kan. 

Kalo di atas bilang "kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap orang yang kita benci", buat gue "kita tidak bisa melakukan apa-apa terhadap orang yang benci pada kita". Susah buat sembuhin penyakit hati dan mental orang lain. Kecuali orangnya dapat hidayah trus langsung punya hati kayak malaikat. 

Terus terang, kadang gak enak hati kalo denger omongan haters. Tapi kita mau ngapain? Ngelabrak? Udah gak jaman sih. Apalagi kalo orangnya emang gak penting dan alasan dia ngebenci juga gak jelas. Jadi harus gimana? Tetap jalani hidup, semaksimal mungkin berbuat baik, berusaha yang terbaik biar jadi orang sukses dan fokus sama orang-orang yang sayang sama kita. Haters gonna hate.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About