Rabu, 21 Februari 2018

Black Panther; Superhero dengan Kearifan Lokal

Share it Please
"Guns... so primitive" - Okoye

Setelah kemarin pengen review Thor Ragnarok trus gak jadi karena gue (sok) sibuk, sekarang gue pengen menumpahkan perasaan gue setelah nonton Black Panther. Maafkan aku ya mas Thor. Bukan berarti ku tak mencintaimu tapi apa daya kemalasan ini menguasaiku.

Black Panther di layar lebar seinget gue pertama kali dikenalkan pas film Captain America: Civil War. Di situ diceritain Raja Wakanda (salah satu negara di Afrika), T'Chaka, meninggal dalam serangan bom di depan anaknya sendiri, T'Challa. Serangan yang dituduhkan sama 'Bucky' Barnes, sahabatnya abang ganteng gue Steve Rodgers aka Captain America. Serangan ini salah satu penyebab retaknya hubungan Tony Stark dan mas Steve, ya tentunya ditambah cerita suram masa lalu mereka. Dari awal sih gue udah jatuh cinta sama kostumnya mas Black Panther. Menurut gue salah satu kostum terbaik di antara kostum superhero Marvel. Yes, black is beautiful. Bukan cuma kostum Black Panthernya tapi juga baju kokonya T'Challa. Coba dicek, gue yakin udah ada di Tanah Abang itu. Bisa buat persiapan lebaran, bro.

open order sist kostumnya
udah ada yang jual online. Damn, i love indonesia!
Film Black Panther sengaja dikeluarin sebelum Avengers: Infinity War gue rasa sih buat perkenalan, buat ngasih liat jagoan-jagoannya Wakanda yang bakal ikut perang besar lawan Thanos (duh nulis ini aja udah super excited, gak sabar). Gue akuin, filmnya Marvel gak ada yang ngecewain sih dan pasti jadi box office. Black Panther jadi film superhero antimainstream karena hampir semua pemerannya berkulit hitam. Meskipun ada Martin Freeman yang berperan sebagai John Watson eh Agent Ross yang diselipin buat jadi pemanis biar keliatan kalo ini film Hollywood (suudzon). Jadi kita nonton filmnya bukan karena pemerannya cakep atau cantik tetapi karena mereka emang keren. Salut deh ama tim castingnya yang berhasil ngumpulin aktor/aktris kulit hitam sebanyak itu dan mantap-mantap.

Diceritakan kalo Wakanda di masa lalu dapat berkah kejatuhan vibranium (logam terkuat di dunia) di seluruh wilayahnya yang bikin negara ini super kaya raya. Tapi karena gak mau ketauan dan dijajah sama bangsa lain jadi negaranya disembunyiin gitu. Kamuflase jadi hutan belantara. Kebayang kalo jalan-jalan ke sana gak bisa foto-foto. Kalopun udah foto-foto gak bisa update di instagram. Gak recommended buat penggiat sosmed. Pas dikasih liat kondisi Wakanda yang makmur, gue jadi ngebayangin seandainya semua negara Afrika kayak gitu. This world will be a better place for them.

african dreams
african that we used to know
Diceritain juga kalo Wakanda punya teknologi paling canggih sedunia. Ya karena punya sumber daya berupa vibranium itu. Ngeliat teknologi yang dipakai di Wakanda, lo bakal mikir, USA who? Kita juga bakal dibikin jatuh cinta sama kostum-kostum khas Afrika yang unik-unik banget. Kita juga disuguhi sama ritual-ritual khas Afrika yang juga unik. Kerennya lagi, jenderal sama pasukan elitenya semua cewek! Jarang-jarang kan. CGI-nya gak usah ditanyalah ya. Marvel udah jagonya bikin adegan berantem jadi kayak beneran padahal itu gak beneran. Oi, DC Studios, denger tuhh. 

Plotnya juga oke dan buat gue sih gak membosankan, gak tau kalo mas anang. Walaupun gue udah bisa nebak pas T'Challa berantem sama Erik Killmonger di air terjun, T'Challa bakal kalah trus tahtanya direbut. Skill nebak plot gue udah mulai terasah akhir-akhir ini. Coba skill nebak gue kepake buat tau isi kepala dosen pas bimbingan tesis (yailah, curhat). Udah pernah gue bilang sebelumnya kalo cerita superhero pada dasarnya sama kayak film Bollywood, jagoan kalah duluan.

Peran yang menarik juga buat gue itu adeknya T'Challa, Princess Shuri. Karakternya iseng, lucu dan jenius. Siapa sangka laboratorium Wakanda yang super canggih itu otaknya ada di dia. Nanti gedean dikit bisalah ngalahin om Tony Stark. Moga aja ntar Infinity War muncul lebih banyak ya dek. Kakak suka.
good job, dek *sok akrab*
Apalagi ya... hmm... film Black Panther, si superhero dengan kearifan lokal ini layak banget ditonton kok. Bagus banget. Bikin pengen ke Afrika. Abis ini cek coba siapa tau ada open trip ke Wakanda. Tapi ya itu tadi gak bisa foto-foto apalagi upload di sosmed. Gak bisa eksis deh. Bhay!

1 komentar:

  1. Salam rara...semoga bisa t3rwujud piknik ke wakanda'...klu scr etimologi 'wa' artinya paman/panggilan ke yg lbh tua, kanda artinya kaka...jadi wakanda itu bisa diartikan 'senior'...hehe

    BalasHapus

About

Blogroll

About