Senin, 03 Juli 2017

Fat Is Not Crime; Curhat Seorang Wanita Berbobot Lebih

Share it Please
"Beauty is not about looks, make up or clothes. True beauty comes from being yourself"
"Beauty is not in the face, beauty is a light in the heart"

Ah masa sih? Quotes-quotes begituan menguatkan hati gak sih? Hey, saya nanya sama kamu. Iya, kamu. Yang kadang-kadang gak pede sama diri sendiri karena bentuk dan penampilan. Eh, lupa. Saya lagi ngaca dan monolog.

Setiap akan pulang kampung atau mau ketemu orang setelah sekian lama, hal pertama yang udah pasti saya pikirin adalah saya tambah gendut atau engga. Kalo gak tambah gendut berarti gak apa-apa, kalo tambah gendut siap-siapin deh telinga dan hati yang gondok karena ketemu orang, bentuk badan pasti dikomentarin. Selain pertanyaan 'kapan nikah' beberapa tahun ini pertanyaan 'kok kamu makin gendut sih?' jadi momok tiap pulang dari perantauan. Kok bisa sih saya mikirin ini? Udah kayak cewek-cewek aja. Ya iyalah. Saya kan emang cewek tulen setulen-tulennya.

Dari dulu sampe sekarang, saya gak pernah mikirin bentuk dan berat badan. Ada makanan ya hajar, makin gede ya bodo amat. Yang penting sehat. Prinsipnya gitu. Tapi menjadi orang dewasa dengan pemikiran yang rumit ini membawa saya atau kita memikirkan hal-hal yang seharusnya gak dipikirin. Sebelum dan sesudah punya pacar pun saya benar-benar tidak terlalu mengambil pusing hal-hal berkaitan bobot ini. Namun sayang seribu sayang, tuntutan lingkungan dan zaman menjadikan kita mendengar apa yang seharusnya gak kita dengarkan.

Semenjak peradaban manusia ada, saya yakin seyakin-yakinnya standar wanita cantik pasti selalu ada. Standar itu yang kemudian berubah tiap zaman tergantung pembentukan opini dan terntunya selera publik. Selama saya hidup sih, standar wanita cantik itu tinggi, langsing, putih, rambut panjang. Pokoknya bentuk badan yang proporsional. Kadang ditambahkan pintar dan berperilaku baik. Namun dua syarat yang terakhir itu gak bisa berdiri sendiri. Dua itu menjadi perhitungan kalo yang pertama tadi itu ada. Kalo yang pertama itu gak ada percuma oh percumaaa...

Diledekin gendut buat saya biasa saja dari dulu juga. Orang bentuk badan saya yang aduhay ini kadang jadi bahan bercandaan saya sendiri kok. Istilahnya ngebully diri sendiri. Tapi ini bakal berbeda kalo ada satu atau dua orang yang tiap ketemu selalu ngebahas atau ngeledekin hal yang sama. Kayak gak ada bahan lain gitu. Apalagi kalo gak akrab-akrab banget. Gimana coba, Kalo buat saya sih itu niatnya emang pengen merendahkan atau emang kelewat gak kreatif buat nyari bahan basa basi. Sayangnya ketidakkreatifan beliau-beliau ini bikin orang-orang yang woles kayak saya jadi sensi. Kalian coba deh yang masih single ditanyain kapan nikah mulu sama orang yang sama tiap ketemu. Pasti bosen kan? Pengen nendang orangnya ke planet namek. Menjadi gendut itu kan pilihan orang. Makan banyak dan gak diet itu pilihan orang. Fat is not crime, brooo. Kecuali makanannya nyolong nah itu baru crime. Kalo makanannya beli sendiri ya hak dia dong mau dimakan semua atau dibagi-bagi. Kalo ngomongin masalah kesehatan, saya sih berterima kasih kalo diingetin makan terlalu banyak itu bisa bikin banyak penyakit apalagi kalo gak pernah olahraga. Tapi apapun yang disampaikan dengan cara yang tidak baik pasti gak akan diterima dengan baik. Alesannya mau ngingetin buat jaga kesehatan tapi caranya ya ngatain. Orang yang dinasehatin juga malas kelesss.

Saya juga yakin seyakin-yakinnya kalo keresahan ini tidak hanya terjadi pada kaum wanita tapi juga pada kaum pria. Udah, ngaku aja. Pria emang dasarnya lebih cuek sama penampilan tapi pasti ada satu titik di mana pria yang tidak berbadan proporsional akan mengeluhkan hal yang sama jika ada yang melakukan body-shaming. Cuma emang yang baper akan tetap kebanyakan kaum wanita karena beginilah kita dan perasaan kita yang sensitif ini.

Jadi saudara-saudaraku sekalian yang hidupnya sempurna, ada beberapa pertanyaan yang buat kita biasa aja tapi bagi orang lain sangat mengganggu." Kok umur segini belum nikah?", "Udah nikah berapa tahun? Udah punya momongan?", "Kok anaknya cuma satu aja?", adalah beberapa contoh pertanyaan yang sangat mengganggu kalo ditanyakan berulang-ulang, Sama kayak komentar tentang tampilan fisik seseorang. Sekali dua kali bisa jadi itu perhatian, lebih dari itu saya simpulkan adalah sebuah ledekan atau bentuk ketidakkreatifan dalam berbincang atau bercanda.

Ya begitulah. Udah ya, saya mau makan dulu. Laper.

2 komentar:

  1. Tapi apapun yang disampaikan dengan cara yang tidak baik pasti gak akan diterima dengan baik.
    Sependapat teteh. Dabes pkknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ageeeee... lo kok bisa nongol di sini? hahahahha

      Hapus

About

Blogroll

About