Sabtu, 08 Juni 2013

Berbeda

Share it Please
Ada hal-hal yang memang seharusnya diubah dan tidak bisa dipertahankan terus menerus. Perubahan untuk bertahan hidup. Tidak selamanya yang mainstream itu selalu baik. Bahkan kenyataannya, memilih untuk mengikuti mainstream membuat kita harus ikut dalam pemenuhan standar-standar para kaum mayoritas. Di negeri ini hampir sulit untuk menjadi seorang minoritas. Saya sering berpikir bahwa saya berbeda dengan orang lain. Tapi saya baru sadar kalau saya hanya berpura-pura untuk menjadi beda dan selalu ingin sama dengan orang kebanyakan. Hal ini saya lakukan untuk diterima oleh orang banyak. Karena ingin memenuhi standar yang sudah ditentukan, saya menjadi orang yang iri dan dengki dengan orang-orang yang sudah memenuhi standar mereka. Mengapa tidak menentukan standar sendiri saja? Bukankah itu lebih mudah? Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Hanya berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Menjadi berbeda itu sulit. Padahal berbeda membawa kita pada ketenangan jiwa. Saya pernah mencobanya dan saya gagal. Kali ini saya harus mencobanya lagi karena saya sudah hampir menuju sakit jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Blogroll

About