Senin, 20 Februari 2012

Begadang, sebuah repetisi

Share it Please
"Begadang jangan begadang bila tiada artinya". Begitulah sepenggal lirik lagu Bang Rhoma Irama tentang begadang. Pernahkah aku katakan bahwa aku seorang yang sangat sering begadang? Yang hampir tidak bisa tidur di waktu yang normal. Yang selalu tidur subuh dan bangun siang harinya. Semuanya bermula ketika menjadi mahasiswa. Seringnya ketika menjabat sebagai mahasiswa tingkat akhir. Saat itu, bahkan sering tidak tidur. Selalu keluar kata seperti ini "Ah, bentar lagi", "Bentar lagi, nanggung", "Kalo ntar tidur gak beres-beres". Pertanyaannya, mengapa pekerjaan itu tidak dilakukan siang harinya? Karena siang hari dipakai untuk tidur. Seperti itu terus dan berulang-ulang. Teori kalau begadang itu bisa menyebabkan penyakit ini dan itu rasa-rasanya bukan sesuatu yang menakutkan dan dianggap angin lalu. Walaupun aku pernah dirawat di rumah sakit karena (katanya) keseringan begadang sehingga pola makan tidak teratur.

Selain karena tugas akhir, begadang juga bermula dari pertandingan bola yang sebagian besar ditayangkan tengah malam bahkan dini hari. Bagi mereka pecinta bola, seperti saya tidak akan mau ketinggalan pertandingan apalagi jika tim kesayangan yang bermain. Kalau yang satu ini susah diatur karena semuanya berdasarkan waktu saudara-saudara di Eropa sana yang terbalik dengan di sini. Mau geser waktu pertandingan bola jadi pagi atau siang hari? Jadi ketua FIFA dulu. Susah kan? Jadi mau pilih bola atau waktu tidur? Susah buat memilih. Kita serahkan kepada kekuatan mata untuk tetap terbuka.

Aku tidak tahu sampai kapan aku akan terus begadang. Menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu pada malam hari dan menghabiskan pagi dan siang untuk tetap di tempat tidur. Mungkin pada saat aku mendapatkan pekerjaan tetap yang mengharuskan aku untuk memaksa mata tertutup pada jam 8 atau 9 malam agar besok paginya aku bisa bangun cepat. Tapi kalau aku disuruh meminta, aku ingin pekerjaan yang bisa membuatku tetap menikmati pertandingan sepakbola pada tengah malam. Kalau susah, yah paling bermalam di kantor biar besoknya tidak usah buru-buru. Ah, kita ngomongin begadang atau pekerjaan. Gak jelas! :|


1 komentar:

About

Blogroll

About